Apa Sih Bedanya Umroh Dan Haji

Umroh dan haji memang memiliki arti yang berbeda, namun masih banyak orang yang belum mengerti di mana letak perbedaan dari keduanya. Pasalnya perbedaan ini memang tidak terlalu signifikan, tujuan keduanya memang untuk melakukan Ibadah dengan pergi mengunjungi tanah suci. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagi beberapa pegetahuan mengenai beda antara umroh dan haji yang perlu anda ketahui. Hal ini di beritahu tujuannya untuk anda memahami perbedaan dari keduanya meskipun tujuan tempat dari keduanya juga sama, karna hal ini tentu akan menambah pengetahuan anda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberi tau.

Berikut beda antara umroh dan haji yang perlu anda ketahui :

  1. Cara pelaksanaan

Umrah dan haji memang memiliki cara pelaksaan yang berbeda dari umrah. Cara pelaksaan pada haji memang lebih banyak di bandingkan dengan umrah. Tetapi meskipun keduanya memiliki tata cara pelaksanaan yang berbeda tetapi tujuan dari keduanya sangatlah sama.

  1. Waktu pelaksanaan

Haji dan umroh memang memiliki hukum yang berbeda, meskipun keduanya juga memiliki tujuan yang sama. Anda juga tentu sudah mengetahui kapan waktu keduanya bisa di lakukan. Berbeda halnya dengan umroh yang bisa di lakukan kapan saja dan bulan apa saja. Haji memang hanya bisa di lakukan pada bulan-bulan tertentu yang biasanya di lakukan satu tahun sekali menjelang lebaran idul adha. Haji bila di lakukan pada tanggal yang berbeda maka haji tersebut bisa di katakana sebagai haji yang tidak sah.

  1. Hukum pelaksanaan

Haji memang menjadi hal yang wajib untuk di lakukan bila mampu, namun banyak orang yang memang terkendala soal biaya dan juga waktu. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang memilih hanya umrah dulu. Meskipun keduanya berbeda tetapi keduanya memiliki maksud yang sama.

  1. Hitung waktu

Pelaksanaan haji dan umroh memang berbeda seperti yang telah di jabarkan di bagian atas, tetapi untuk mempermudah pengetahuan bagi beberapa orang. Perbedaan haji dan umroh bisa di lihat dari berapa lama kita ada di arafah. Jika hanya umroh kita tidak perlu berlama di padang arafah , lain halnya dengan haji wajib dan berlama berada di sana untuk melakukan ibadah.

Perbedaannya memang tidaklah jauh hanya di wajib atau sunnahnya itu yang lebih ringkas untuk di ketahui oleh beberapa orang. Meski keduanya berbeda namun keduanya tetap memiliki tujuan yang sama untuk mengunjungi arafah untuk melakukan ibadah yang memang baik di lakukan oleh orang muslim jika memang mampu untuk melakukannya khususnya untuk menunaikan haji.  Jika umroh memang seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa umroh bisa di lakukan kapan saja kecuali jika memang waktunya di lakukan ibadah haji maka umroh memang tidak bisa untuk di lakukan.

Umroh yang tidak memiliki perbedaan yang jauh berbeda, itulah sebabnya mengapa umroh biasa di jadikan sebuah pilihan oleh banyak orang ketika ingin menjalankan ibadah dengan pergi ke tanah suci tetapi tidak memiliki biaya yang cukup dan juga waktu yang tepat. Beda antara umroh dan haji memang ada tetapi tidak mengurangi tujuan. Jadi untuk anda yang belum sempat pergi haji atau tetap ingin mengunjungi tanah suci maka ibadah umroh bisa di jadikan pilihan yang tepat untuk anda lakukan.

Posted in Umroh Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *