Hikmah Ibadah Haji Untuk Kita Ketahui

Hikmah ibadah haji bisa kita rasakan setelah kita melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan serta niat hanya karena Allah SWT. Rukun Islam yang kelima ini hukumnya wajib atau fardu ‘ain sehingga wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu setidaknya sekali seumur hidup. Disaat kita sudah mampu maka tidak boleh menunda-nunda pelaksanaan haji dan justru harus disegerakan. Apalagi sekarang sudah banyak travel haji terpercaya yang bisa dipilih.

Melaksanakan ibadah haji memiliki beberapa keutamaan besar terutama bagi yang ikhlas menjalankannya. Selain itu, ada hikmah dibalik ibadah haji yang kita lakukan dan akan kita rasakan. Seperti:

– Bentuk kepatuhan
Melaksanakan ibadah haji memiliki hikmah sebagai bentuk kepatuhan kita kepada Allah SWT. Jika kita merasa memiliki kewajiban untuk patuh dan taat terhadap perintah Allah, maka kita akan dengan senang hati melaksanakan ibadah haji meskipun mungkin dalam prosesnya tidak selalu mudah. Namun inilah yang membuktikan kepatuhan kita sebagai hamba Allah yang taat.

– Sarana introspeksi diri
Melaksanakan ibadah haji terutama ketika kita wukuf di Arafah adalah saat-saat dimana kita merenungi berbagai dosa dan kesalahan yang telah diperbuat selama kita hidup. Disinilah kita mendapat hikmah ibadah haji untuk berniat memperbaiki diri. Lebih dekat dengan Maha Pencipta memang akan membuat kita merasa sangat kecil sehingga lebih mudah untuk mencari tahu dosa-dosa yang selama ini telah diperbuat.

– Bentuk perjuangan
Selama melaksanakan ibadah haji, kita membutuhkan perjuangan agar bisa melaksanakan setiap kewajiban dan rukunnya. Misalnya saja saat sa’I, ini mengajarkan kita bahwa hidup juga penuh perjuangan. Jika ingin mencapai sesuatu, semua itu harus didapat melalui sebuah perjuangan yang nyata meskipun berat.

Hikmah ibadah haji bisa kita temukan dalam Alqur’an. Sering terjadi dimana setiap individu bisa merasakan hikmahnya sendiri secara langsung. Inilah yang menghadirkan pengalaman spiritual yang berbeda-beda bagi setiap muslim yang menjalankannya. Kadang hikmah-hikmah yang dirasakan bisa dimengerti secara rasional ataupun tidak. Hikmah yang dirasakan akan lebih baik ketika bisa direfleksikan menjadi kehidupan yang lebih baik.

Posted in Umroh Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *