Keutamaan Haji Bagi Yang Melaksanakannya

Ibadah haji masuk dalam rukun Islam dan dikenai hukum wajib bagi yang mampu. Artinya hukum melaksanakan ibadah haji adalah fardhu ‘ain sehingga wajib bagi setiap individu muslim untuk melaksanakannya jika mampu. Apalagi terdapat banyak keutamaan haji yang bisa kita peroleh. Ibadah haji memang tidaklah mudah terutama jika kondisi finansial belum mendukung. Namun sekarang ini urusan finansial bisa mendapat solusinya yakni dengan terlebih dahulu daftar, sambil menunggu antrian, kita bisa menabung untuk biaya keberangkatan nanti.

Ibadah haji sendiri memiliki banyak keutamaan sehingga akan rugi jika kita tidak bisa melaksanakannya setidaknya sekali seumur hidup. Berikut adalah keutamaan haji yang bisa kita ketahui untuk menambah motivasi kita untuk bisa segera melaksanakannya:

– Balasan surga
Ya, ibadah haji adalah ibadah besar. Barangsiapa yang melaksanakannya dengan sungguh-sungguh serta ikhlas tanpa dicampuri dosa seperti syirik atau maksiat, maka balasan yang akan didapat adalah jaminan surga.

– Termasuk jihad
Sebagai umat muslim yang tahu pahala dan balasan jihad tentunya ingin berjihad semampunya. Nah, salah satu keutamaan haji ialah ia termasuk jihad. Haji mabrur adalah termasuk haji, sebagaimana hal tersebut telah disabdakan Rasulullah SAW.

– Penghapus dosa
Siapa yang tidak ingin dosa-dosanya diampuni Allah SWT. Dengan melaksanakan ibadah haji, Allah menjanjikan untuk menghapur segala dosa-dosa serta kesalahan yang pernah kita perbuat. Allah SW menjamin orang yang pergi berhaji, maka pulangnya ia seperti seorang bayi yang baru dilahirkan yang bebas dari dosa.

– Amalan paling afdhol
Menurut sabda Rasulullah SAW, salah satu amalan yang paling afdhol selain beriman kepada Allah dan Rasul serta jihad adalah haji mabrur. Maka amalan ini menjadi amalan yang dapat melengkapi rukun Islam yang wajib kita penuhi. Perjuangan untuk melaksanakan haji juga tidak gampang sehingga balasannya pun sangat besar dari sisi Allah SWT.

Setelah mengetahui apa saja keutamaan haji yang bisa kita peroleh jika melaksanakan ibadah haji, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda pelaksanaannya terlebih jika kita termasuk yang mampu. Tentunya kita ingin menjadi tamu Allah dirumah-Nya bukan?

Posted in Umroh Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *