Pelaksanaan Haji Yang Benar

Ibadah haji yang termasuk dalam salah satu rukun Islam memiliki persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT. Pelaksanaan haji pun tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dengan tata cara yang diwajibkan. Memahami tata cara pelaksanaan haji adalah hal yang harus kita lakukan sebelum berangkat untuk melaksanakannya. Dengan begitu, kita memiliki ilmu yang cukup agar ibadah ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Berikut adalah rukun haji yang harus kita laksanakan selama melaksanakan ibadah ini. Namun perlu diingat bahwa rukun haji ini berbeda dengan wajib haji:
§ Ihrom atau berniat yang dimulai sejak berada di miqot. Jika pesawat yang kita tumpangi melewati miqot, maka kita wajib berihrom saat itu juga meskipun sedang ada didalam pesawat.
§ Thawaf yakni mengitari Ka’bah sebanyak 7 kali. Saat pelaksaannya, kita wajib untuk niat, suci dari hadas, tertutup auratnya, melakukannya disebelah kanan Ka’bah, dan memulainya dari Hajar Aswad dan berakhir disana pula.
§ Sai yakni berjalan kecil diantara bukit shafa dan marwah. Hal ini dilakukan sebanyak tujuh kali. Urutan tata cara pelaksanaan haji ini tidak boleh dilakukan secara acak.
§ Wukuf di Arafah yang dimulai saat terbenam matahari tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah.

Selanjutnya adalah wajib haji yang harus kita ketahui dan laksanakan:
• Ihram dari miqot
• Wukuf di Arafah
• Mabit di Muzdalifah
• Melempar jumroh
• Mabit di Mina
• Mencukur dan memendekkan rambut
• Melakukan rawah Wada’

Sebenarnya selain rukun haji dan wajib haji yang termasuk ke dalam tata cara pelaksanaan ibadah haji, ada pula amalan-amalan lain yang termasuk dalam amalan sunnah. Untuk bisa mengikuti ibadah haji dengan baik termasuk tata cara pelaksanaannya maka kita sebaiknya mengikuti arahan yang diberikan oleh penyelenggara haji. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa memilih travel haji atau umroh yang terpercaya dan selalu memberikan pelayanan yang berkualitas serta memuaskan agar pelaksanaan haji bisa terlaksana dengan lancar.

Posted in Umroh Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *