Tata Cara Melaksanakan Umroh Yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Tata Cara Melaksanakan Umroh Yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Panduan Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh

Ibadah Umroh memang sudah banyak dikerjakan dan dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif para umat muslim yang belum berkesempatan beribadah haji ke Tanah Suci. Apalagi bagi masyarakat Indonesia ini. Sebab sistem kuota menjadikan antrean pergi haji ini menjadi cukup lama.  Walaupun umroh bukan termasuk ibadah yang diwajibkan, ibadah Umrah ini juga tidak kalah istimewanya dengan ibadah Haji.

Dosa-dosa kita akan dihapus oleh Allah SWT di antara pelaksanaan Umrah yang satu dengan Umrah yang selanjutnya. Sehingga, jika 5 atau 10 tahun lalu kita telah mengerjakan ibadah Umrah, dan untuk tahun selanjutnya berkesempatan lagi untuk melakukan Umrah, maka dosa-dosa di antara kedua waktu Umrah tersebut akan dihapus dan diampuni Allah SWT.

Ibadah Haji dan Umrah  juga termasuk ibadah yang istimewa sebab orang yang datang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah tersebut merupakan tamu Allah SWT. Jemaah Haji dan Umrah merupakan tamu undangan Allah SWT, oleh sebab itu apa yang diminta oleh para tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Dan inilah alasan ibadah umroh dinilai sangat istimewa.

Baca Juga : Program Paket Umroh 2018 ALhijaz Indowisata

Ketika niat telah ditetapkan di hati dan panggilan umroh telah datang,maka  persiapkanlah diri Anda dengan sebaik mungkin.  Karena apabila orang yang akan melaksanakan umroh niatnya sudah tepat dan sudah benar benar maksimal, maka ibadah umrohnya bisa berjalan dengan lancar.

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh

Dari bandara menuju masjid miqat Dzulhulaifah / Abyar ‘Ali. Kemudian melakukan persiapan sebelum ihram seperti mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudlu dan shalat sunnah ihram 2 raka’at.

Pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak. Adapun bagi wanita, ia memakai pakaian yang telah disyari’atkan yang menutupi seluruh tubuhnya.  Akan tetapi untuk wanita tidak diperbolehkan menggunakan cadar dan juga memakai sarung tangan.

Setelah itu berihram dari miqat untuk dengan mengucapkan “labbaik ‘umroh”

Setelah mengucapkan “talbiah umrah” ,  orang yang melaksanakan ibadah umroh bisa membaca dan memperbanyak talbiah “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak” dengan  mengeraskan suara untuk laki-laki dan lirih bagi perempuan sampai tiba di Makkah

Setelah sampai di Masjid Al-Haram, sebaiknya anda mendahulukan kaki kanan pada saat akan memasukinya.

Setelah itu bisa melakukan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, posisi Ka’bah berada disebelah kiri.

Selanjutnya diteruskan dengan sholat 2 rakaat didepan maqam Ibrahim. Rakaat pertama dilakukan dengan bacaan surat Al-Fatihah kemudian berikutnya membaca surat Al-Kaafiruun. Rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah kemudian diteruskan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

Setelah itu para jamaah bisa beristirahat sejenak dan minum air zam-zam sambil berdo’a

Selanjutnya bisa melakukan sa’i antara bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali.  Pada saat sa’i, tidak ada dzikir-dzikir tertentu, maka boleh berdzikir, berdo’a, atau membaca bacaan-bacaan yanganda inginkan.

Setelah selesai melaksanakan sa’i, selanjutnya yaitu tahallul atau mencukur seluruh rambut atau mencukur gundul. Sedangkan untuk wanita, cukup dengan memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari.

Untuk tahap akhir dari pelaksanaan ibadah umroh yaitu pada tahallul ini. Setelah itu, maka para jamaah sudah bisa untuk mengerjakan hal-hal yang tadinya dilarang pada saat dalam keadaan ihram.

Dan semua itu harus dilakukan dengan tertib.

Bemikianlah tata cara melaksanakan umroh yang harus anda ketahui, semoga Anda bisa menjalankan ibadah umroh yang mabrur (diterima) dan semoga Allah memberikan kemudahan baik itu kesehatan jasmani maupun rohani untuk melaksanakan ibadah pada Alloh SWT. Aamiin

Informasi Pendaftaran Umroh & Haji
PT Alhijaz Indowisata
Alamat : Graha Alhijaz Lt. 3 Jl. Dewi Sartika No. 239 A Cawang, Jaktim 13630
Telp. / Wa : 0813 1048 6090 ( Bp. Firdaus )
Website : www.alhijazumrahhaji.com & www.travel-alhijaz.com

 

 

Posted in Umroh Haji and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *