Tips Ibadah Umroh Ketika Pelaksanaannya

Ibadah umroh pastinya sudah anda persiapkan jauh-jauh hari. Persiapan yang baik diharapkan dapat membawa kelancaran selama beribadah. Namun tips ibadah umroh berikut akan membantu anda untuk senantiasa sigap dan siap dengan berbagai solusi jika anda menghadapi masalah ketika melaksanakan ibadah umroh. Misalnya terpisah dari rombongan atau tersesat. Masalah-masalah seperti ini sering terjadi dan ini bisa diantisipasi dengan anda mengikuti beberapa tipsnya berikut ini:

– Mencatat nomor-nomor penting
Ini baiknya anda lakukan ketika sampai dihotel. Catatlah semua nomor penting seperti nomor telpon pihak hotel, alamat lengkapnya dan nomor telepon kamar hotel yang anda tempati. Catat juga nomor telpon ketua rombongan, teman sekamar atau pembimbing. Sehingga jika anda tersesat anda bisa langsung meminta bantuan.

– Membawa ID card kemanapun
Tips ibadah umroh selanjutnya ialah membawa selalu ID card. Benda ini ibarat nyawa anda sendiri saat umroh. Sebelum berangkat, fotokopi semua surat-surat atau dokumen penting misalnya KTP atau passpor dan bawalah selalu foto kopian tersebut saat anda melaksanakan ibadah umroh. Ini bisa membantu anda untuk meminta bantuan ketika anda tersesat. Jangan lupa untuk selalu membawa gelang identitas yang diberikan agen travel umroh anda.

– Buat pengingat
Saat anda mulai keluar dari hotel dan menuju tempat ibadah, catatlah hal-hal penting seperti nama gedung terdekat hotel, nama jalan, dsb. Ini bisa menjadi pengingat sekaligus peta buatan anda yang bisa membantu ketika anda lupa jalan pulang.

– Selalu bersama rombongan
Untuk bisa menghindar dari kondisi tersesat atau lupa jalan pulang ke hotel, sebaiknya anda tidak terpisah dari rombongan. Hal ini lebih memudahkan bagi ketua rombongan untuk menjaga setiap anggotanya agar tidak terpisah.

Jika semua tips ibadah umroh diatas telah dilakukan namun anda masih juga tersesat atau lupa jalan pulang, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah tidak panik. Tetaplah bersikap tenang dan cobalah mengatur nafas dan beristirahat sejenak. Kemudian cobalah mengingat kembali jalan pulang. Jika tidak berhasil, mintalah bantuan kepada petugas yang terdekat.

Posted in Umroh Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *